Cari Blog Ini

Sabtu, 12 Maret 2011


KERIPIK NANAS

Anda penggemar keripik ? Keripik nanas asal Balikpapan ini dapat Anda cicipi dan dijadikan oleh - oleh . Keripik yang diolah dari buah nanas ini terasa renyah dan gurih dan manis bila dimakan.
Buah nanas yang umumnya memiliki rasa segar yang biasanya untuk es buah maupun dimakan langsung, bagi sebagian orang mungkin kurang begitu diminati. Namun ditangan yang terampil (produsen) Cemilan Balikpapan, yang berlokasi di kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini justru menjadi sebuah keripik nanas yang renyah  gurih dan manis.
Proses pembuatan keripik nanas ini sendiri diawali dengan memotong bagian nanas, sesuai dengan keinginan baik tipis maupun tebal. Lalu nanas yang telah terpotong disimpan selama semalam untuk menghasilkan rasa renyah (krispi) selanjutnya digoreng dengan tekanan dibawah minus 60 Bar sehingga mendapatkan hasil yang sangat renyah.
Bentuk keripik bisa berbentuk bulat-bulat maupun setengah bulat dengan kemasan yang sangat baik sehingga tidak bisa bertahan lama.
Mengingat nanas di balikpapan sangat melimpah secara tidak langsung dapat membantu petani nanas di kota Balikpapan sehingga harga yang ia tawarkan kepada pelanggannya pun cukup murah. 

(By Cemilan Balikpapan)